Thursday, February 25, 2010

Love Means Slowly Losing Your Mind

Pernah enggak jadi nekat bahkan cenderung kehilangan akal sehat hanya dikarenakan rasa cinta? Mungkin kamu nggak nyadar. Tapi banyak kejadian di luar kebiasaan dilakukan oleh seseorang yang dimabuk asmara. Lebih-lebih bagi perempuan yang sering kali dikendalikan perasaan.

Jadi kurang fokus dengan keadaan. Lagi-lagi, hormon dalam tubuh kita ikut campur. Menurut penelitian, zat kimia ini yang mengaburkan akal sehat. Selanjutnya membolak-balik emosi dan memacu tindakan-tindakan yang bisa dikatakan sia-sia.

Keinginan untuk selalu berdekatan kadang bisa membuat seseorang seperti psiko yang membayangi korbannya. Puluhan sms tiap hari. Telphon berjam-jam padahal baru aja ketemu. Zat kimia bernama dopamine tadilah yang menimbulkan rasa kangen luar biasa. Parahnya, saat si dia nggak selalu available, orang tersebut bisa frustasi dan tanpa sadar melakukan tindakan-tindakan untuk menarik perhatian.

Selain itu, kadang saat seseorang merasa terpanah asmara, orang tersebut mulai mengkhayalkan kehidupan bersama (beli rumah, tinggal barsama, dll). Khayalan ini membuat orang tersebut buru-buru mengambil tindakan, yang bisa-bisa membuat pasangan ketakutan.

Selain itu, zat ini juga bertanggung jawab atas rasa curiga berlebih dan cemburu membabi buta. Saat dopamine meningkat, dan serotonin (hormon yang berpengaruh pada ketenangan) turun drastis, cortisol (hormon stress) mulai menjungkir-balikkan akal sehat.

Nah, jangan heran kalo sampe orang yang cinta kamu menjadi aneh dan tolol... Dan bagi yang sedang kasmaran, kuasai diri, and be your self galz!

No comments:

Given

I thought that love would be softer, sweeter and kinder. I found out with my first love that those thoughts were just a happy delusion. Fall...