Wednesday, November 7, 2018

Grandmaster of Demonic Cultivation

Kali ini saya sedang membaca Mo Dao Zu Shi (atau Grandmaster of Devonic Cultivation atau Founder of Diabolism, terserah yang mana yang paling kamu suka). Saya mulai membaca novel beberapa hari sebelumnya, sampai lupa waktu dan melewatkan beberapa hari tanpa tidur. Membacanya berulang kali, dan jatuh cinta dengan novel ini dengan semua yang ada di dalamnya. 
Dengan keterbatasan bahasa setelah mencari sana sini, membandingkan satu terjemahan dengan terjemahan yang lain. Sejujurnya saya merasa cukup sulit untuk memberikan deskripsi singkatnya. Jadi saya sangat berharap buku terjemahan yang sebenarnya keluar tetapi untuk sekarang, terjemahan dari Exiled Rebels Scanlations sudah bisa memberi gambaran jelas tentang ceritanya. Belum Semua Chapter di terjemahkan, tapi sebagai bocoran cerita chapter-chapter yang lain, spoiler bisa di baca di blog UsagiChan.
The Grandmaster of Devonic Cultivation atau Módào Zǔshī adalah novel web danmei (BL) dari China, penulis Mòxiāng Tóngxiù (墨 香 铜臭), aslinya diterbitkan di situs web novel Cina JJWXC dari 31 Oktober 2015 - 1 Maret 2016, dengan tambahan cerita sampingan yang terus dirilis secara sporadis. Versi revisi dari cerita utama terakhir tahun 2018 kemudian dipublikasikan online. 
 Apa yang menarik dari cerita ini adalah bahwa selain dari cerita romance-nya, ceritanya memiliki alur yang sangat kuat. Novel ini mencakup begitu banyak genre: fantasi, romansa, komedi, tragedi, drama, aksi, petualangan... Ini seperti cerita detektif dengan romansa yang terasa alami dan tidak dipaksakan sama sekali, saya merasa frustrasi tentang bagaimana hal-hal yang terjadi terasa lambat. (Sebagai pecinta bl terkadang ingin membaca letupan-letupan panas antara kedua main character hahaha!). 
Saya kira jika saya harus meringkasnya, cerita ini adalah kisah seorang pria yang sebelumnya menemui akhir yang tragis, tetapi diberi kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahannya. Tokoh utama adalah Wei WuXian, seorang kultivator ceria, cerdas, jahil, dan semaunya sendiri, bagaimana dia sangat tidak peka dengan perasaan orang lain. (ini membuat saya geregetan sendiri sebenarnya). Tidak mempunyai pilihan lain dan terpaksa mendalami aliran gelap terlarang karena ditindas dengan mengerikan. Dia membuat kesalahan yang tak terhitung jumlahnya dan secara tidak sengaja membahayakan semua orang yang pernah dia pedulikan. Pada akhirnya, para kultivator lainnya bersatu untuk membunuh pendiri aliran gelap ini.
Tapi kematian Wei Wuxian, bukan akhirnya. Bahkan, ceritanya dimulai saat Wei WuXian dibangkitkan dari kematian. Bersama dengan teman lama yang diam-diam mencintainya dan berkorban sangat banyak untuknya (Lan WangJi yang dingin dan lurus), ia akhirnya terikat satu sama lain untuk memecahkan misteri /konspirasi yang memengaruhi masa lalu dan masa kini. Dengan perbedaan karakter seperti langit dan bumi, interaksi antara mereka berdua menjadi sangat menghibur dan terasa manis. Setelah belajar dan tumbuh dari pengalaman mereka dalam "kehidupan pertama", Wei Wuxian dan Lan Wangji sekarang menemukan kesempatan kedua antara harapan, penebusan, keadilan, dan ... ya, cinta diantara mereka berdua. 
Novel ini pun sudah di adaptasi ke dalam manhua dan anime, The Animation's graphic is truly a masterpiece, gerakan mereka sangat halus dan Landscapenya luar biasa keren. Judul anime nya sama, Grandmaster of Demonic Cultivation; The Founder of Diabolism; The Founder of Evil Magic, banyaknya episodes 15, kelanjutan ceritanya kemungkinan akan di rilis tahun 2019. Producers Tencent, Penguin Pictures. Dengan durasi rata-rata 24 min.
Sangat-sangat menyukai novel ini... Bahkan rasanya menjadi terobsesi. Banyak fanart yang bisa di nikmati di beberapa sosial media, weibo, lofter dan kalo saya twitter. Beberapa sesuai dengan cerita novel beberapa membuat fanfic sendiri dengan cerita yang selalu lucu untuk di baca.

2 comments:

Unknown said...

Hehehe...
Kamu buat review ttg mdzs~

Untuk novelnya sampai tahun ini (2018) masih dilakukan revisi pada beberapa chapter meskipun sudah tamat, dan itu dibuat lebih hot~

Kalau baca novel, lalu nonton donghua, rasanya ada gap untuk adegan romantisnya. Semoga season 2 lebih greget lagi

Floo said...

Hehe... Ini hanya gambaran dasar saja. Berhubung saya gk bisa baca untuk revisiannya. Saya tunggu revisian spoiler... Sukur2 terjemahannya di blog mbak usagi saja. 😍

© Just Floo 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis